Sabtu, 31 Januari 2015

Pengertian Hemoglobin Rendah Dan Akibat Kekurangan Hemoglobin

Apa itu hemoglobin ? Pengertian hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen. Jumlah kadar hemoglobin rendah adalah rata-rata di bawah protein hemoglobin yang pembawa oksigen dalam darah Anda. Fungsi hemoglobin yaitu sebagai pembawa oksigen dari paru-paru ke tubuh Anda.

Hemoglobin rendah secara umum didefinisikan sebagai kurang dari 13,5 gram hemoglobin per desiliter (135 gram per liter) darah pada pria dan kurang dari 12 gram per desiliter (120 gram per liter) pada wanita. Pada anak-anak, definisi hemoglobin bervariasi tergantung usia dan jenis kelamin. Ambang batas sedikit berbeda antara praktek medis.

Jika Anda tidak memiliki kadar hemoglobin normal atau kadar hemoglobin Anda rendah, hasil tes darah dapat diketahui. Dalam banyak kasus, kekurangan hemoglobin yang hanya sedikit lebih rendah dari kadar hemoglobin normal, tidak dianggap berbahaya dan tidak menimbulkan gejala. Penyebab hemoglobin rendah juga bisa disebabkan oleh kelainan atau penyakit. Dalam situasi ini, jumlah hemoglobin yang rendah juga disebut sebagai anemia.

Penyebab Hemoglobin

Pengertian Hemoglobin Rendah Dan Akibat Kekurangan Hemoglobin

Kadar hemoglobin biasanya rendah
Kadar hemoglobin rendah biasanya tidak selalu merupakan tanda atau gejala penyakit. Ini mungkin normal bagi sebagian orang. Wanita yang sedang hamil biasanya mengalami kadar hemoglobin rendah.

Jumlah hemoglobin yang rendah berhubungan dengan penyakit
Jumlah hemoglobin yang rendah juga dapat dikaitkan dengan banyak penyakit dan kondisi yang menyebabkan tubuh Anda memiliki terlalu sedikit sel darah merah. Hal ini dapat terjadi jika tubuh Anda memproduksi sel darah merah lebih sedikit dari normal, jika tubuh Anda menghancurkan sel-sel darah merah lebih cepat dari yang dapat dihasilkan, atau jika Anda mengalami kehilangan darah.

Penyakit dan kondisi yang menyebabkan tubuh menghasilkan sel darah merah yang lebih sedikit dari biasanya meliputi:
  1. Anemia aplastik
  2. Kanker
  3. Obat-obatan tertentu, seperti obat anti retroviral untuk mengobati infeksi HIV dan kemoterapi untuk kanker dan kondisi lainnya
  4. Sirosis
  5. Limfoma Hodgkin (penyakit Hodgkin)
  6. Hipotiroidisme (gangguan tiroid)
  7. Anemia defisiensi besi
  8. Penyakit ginjal
  9. Keracunan timbal
  10. Leukemia
  11. Multiple myeloma
  12. Sindrom myelodysplastic
  13. Anemia defisiensi vitamin

Penyakit dan kondisi yang menyebabkan tubuh Anda menghancurkan sel-sel darah merah lebih cepat dari yang dapat dihasilkan :
  1. Pembesaran limpa 
  2. Porfiria  
  3. Anemia sel sabit  
  4. Thalassemia  
  5. Vaskulitis

Kadar hemoglobin rendah juga dapat disebabkan oleh kehilangan darah, yang dapat terjadi karena:
  1. Perdarahan dari luka 
  2. Perdarahan pada pencernaan atau saluran kemih 
  3. Sering donor darah  
  4. Periode menstruasi yang berat  
  5. Mimisan

Waktu berkunjung ke dokter

Jumlah hemoglobin rendah sering ditemukan selama tes darah yang lengkap. Jika hasil tes menunjukkan Anda memiliki kadar hemoglobin rendah, tanyakan kepada dokter apakah ini akan mempengaruhi kesehatan Anda.

Konfirmasikan dengan dokter jika Anda memiliki tanda-tanda dan gejala
Jika Anda mengalami tanda-tanda dan gejala karena jumlah hemoglobin rendah, beritahu kepada dokter Anda. Tanda dan gejalanya mungkin termasuk:
  1. Detak jantung lebih cepat dari normal selama latihan atau kegiatan
  2. Kelelahan
  3. Merasa sesak nafas  
  4. Kurangnya energi selama beraktivitas yang biasa Anda lakukan
  5. Kulit dan gusi pucat
Dokter Anda akan menyarankan untuk tes darah untuk menentukan apakah Anda memiliki kadar hemoglobin rendah atau apakah tanda-tanda dan gejala itu disebabkan oleh sesuatu yang lain.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.