Jumat, 16 Januari 2015

Pengobatan Hipnoterapi, Kondisi Apa Yang Efektif ?

Hipnoterapi adalah jenis terapi komplementer yang menggunakan hipnosis, keadaan kesadaran yang berubah. Hipnosis telah dipromosikan secara luas sebagai pengobatan untuk berbagai kondisi jangka panjang dan untuk merubah kebiasaan tertentu. Hal ini terlepas dari kenyataan yang belum ada bukti kuat untuk mendukung penggunaan ini.

Namun, hipnosis tampaknya memiliki efek, meskipun sebagian ilmuwan tidak setuju tentang cara kerjanya. Beberapa ahli melihatnya sebagai teknik relaksasi yang menggunakan kekuatan sugesti dan bergantung pada efek plasebo.

Hipnoterapi merupakan penggunaan hipnosis dalam psikoterapi. Ini biasanya digunakan oleh dokter berlisensi, psikolog, dan lain-lain. Dokter dan psikiater dapat menggunakan hipnosis untuk mengobati depresi, kecemasan, gangguan makan, gangguan tidur, kecanduan, dan stres pasca trauma. Hipnoterapi modern telah digunakan dalam berbagai bentuk dengan berbagai keberhasilan, seperti:
  • Hipnoterapi prilaku kognitif, atau hipnosis klinis dikombinasikan dengan unsur-unsur terapi perilaku kognitif
  • Hipnoterapi regresi usia (atau "hypnoanalysis")
  • Ketakutan atau Phobia
  • Kecanduan
  • Kontrol kebiasaan
  • Rasa nyeri
  • Terapi psikologis
  • Relaksasi
  • Penyakit kulit
  • Menenangkan pasien yang cemas 
  • Berat badan

Hipnoterapi adalah cara alami, sederhana dan efektif untuk membantu Anda mencapai tujuan. Hipnoterapi dilakukan dengan mengaktifkan pikiran bawah sadar Anda untuk mengubah keyakinan negatif dan kebiasaan yang mungkin Anda miliki.

Selama Anda menjalani hipnoterapi, otak Anda memasuki keadaan santai namun terfokus. Seperti pikiran sadar Anda menjadi kurang aktif, bawah sadar Anda dapat diakses. Hipnoterapi langsung pilih dengan cermat, sugesti positif pada pikiran bawah sadar Anda.

Hipnoterapi dapat menjadi metode yang efektif untuk mengatasi stres dan kecemasan. Secara khusus, hipnosis dapat mengurangi stres dan kecemasan sebelum melakukan prosedur medis, seperti biopsi payudara.

Anda tidak memerlukan persiapan khusus untuk menjalani hipnoterapi. Tapi lebih baik kalau Anda memakai pakaian yang nyaman untuk membantu Anda bersantai. Juga, pastikan bahwa Anda beristirahat dengan cukup sehingga Anda tidak cenderung jatuh tertidur selama sesi.

Pastikan Anda hati-hati memilih terapis atau ahli kesehatan untuk melakukan hipnoterapi. Dapatkan saran dari seseorang yang Anda percaya. Pelajari sebanyak mungkin tentang setiap ahli terapis Anda untuk mempertimbangkannya.

Hipnoterapi tidak cocok untuk semua orang. Misalnya, Anda mungkin tidak dapat memasuki keadaan hipnosis yang cukup penuh untuk membuatnya lebih efektif. Beberapa terapis percaya bahwa semakin besar kemungkinan Anda untuk dihipnosis, semakin besar kemungkinan bahwa Anda akan mendapatkan keuntungan dari hipnoterapi.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.