Sabtu, 10 Januari 2015

Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Penyakit Wasir Luar Dan Wasir Dalam

Apa itu wasir?


Pengertian wasir adalah struktur pembuluh darah di dalam lubang anus. Dalam keadaan normal, ia membantu mengontrol tinja. Ia menjadi sebuah tumpukan ketika bengkak atau meradang. Pada titik kondisi ini secara teknis dikenal sebagai penyakit hemoroid.

Tanda-tanda wasir dan gejala wasir tergantung pada jenisnya. Penyakit wasir dalam biasanya timbul dengan pendarahan anus tanpa rasa sakit, sementara penyakit wasir luar dapat menghasilkan sedikit gejala atau jika trombosis nyeri yang signifikan dan pembengkakan di daerah anus. Banyak orang salah mengacu pada gejala yang terjadi di sekitar daerah anus-rektum sebagai "gejala wasir" dan penyebab gejala wasir serius harus disingkirkan. Sedangkan penyebab pasti wasir masih belum diketahui, sejumlah faktor yang meningkatkan tekanan intra-abdominal, sembelit tertentu, diyakini berperan dalam perkembangan penyakit wasir.

Pengobatan wasir awal untuk yang ringan sampai sedang terdiri dari meningkatkan asupan serat, air untuk menjaga hidrasi, NSAID untuk membantu mengatasi rasa sakit, dan istirahat. Sejumlah prosedur minor dapat dilakukan jika gejala wasir parah atau tidak membaik dengan pengobatan tertentu. Operasi disediakan bagi mereka yang gagal menggunakan langkah-langkah ini. Sampai setengah dari orang mungkin mengalami masalah dengan penyakit wasir di beberapa titik dalam hidup mereka. Hasil biasanya cukup baik.

Tanda-tanda wasir dan gejala wasir luar dan wasir dalam


Wasir dalam dan wasir luar dapat timbul secara berbeda; Namun, banyak orang mungkin mengalami kombinasi dari keduanya. Pendarahan cukup signifikan untuk menyebabkan anemia cukup jarang, dan perdarahan yang mengancam jiwa bahkan lebih jarang. Banyak orang merasa malu ketika menghadapi masalah dengan penyakit wasir dan sering mencari perawatan medis hanya ketika kasus ini semakin berkembang.

obat wasir, cara mengobati wasir, penyakit wasir, penyebab wasir, penyakit ambeien, gejala wasir


Wasir luar / eksternal
Jika tidak trombosis, bahaya wasir luar dapat menyebabkan beberapa masalah. Namun, ketika trombosis, penyakit wasir mungkin sangat menyakitkan. Namun demikian, rasa sakit ini biasanya sembuh dalam 2-3 hari. Pembengkakan mungkin terjadi, bagaimanapun, memakan waktu beberapa minggu untuk menghilang. Tanda di kulit mungkin tetap setelah penyembuhan. Jika wasir besar dan menyebabkan masalah pada kebersihan, mereka dapat menghasilkan iritasi kulit di sekitarnya, dan dengan demikian akan gatal di sekitar anus.

Wasir dalam / internal
Wasir dalam atau internal biasanya muncul dengan rasa sakit, pendarahan pada anus selama atau setelah buang air besar. Darah biasanya pada tinja (kondisi yang dikenal sebagai hematochezia). Gejala wasir dalam yang lain mungkin termasuk keluarnya lendir, gatal, dan inkontinensia tinja. Wasir dalam biasanya hanya menyakitkan jika ia menjadi thrombosed atau nekrotik.

Penyebab wasir


Penyebab pasti dari gejala wasir tidak diketahui. Sejumlah faktor yang diyakini memainkan peran, termasuk: kebiasaan buang air besar tidak teratur (konstipasi atau diare), kurang olahraga, faktor nutrisi (diet rendah serat), peningkatan tekanan intra-abdomen (lelah berkepanjangan, ascites, massa intra-abdominal, atau kehamilan), genetika, tidak adanya katup dalam vena hemoroid, dan penuaan. Faktor-faktor lain yang diyakini meningkatkan risiko penyakit wasir termasuk obesitas, duduk yang berkepanjangan, batuk kronis, dan disfungsi dasar panggul. Tapi bukti untuk asosiasi ini belum begitu kuat.

Selama kehamilan, tekanan dari janin di perut dan perubahan hormonal menyebabkan pembuluh hemorrhoidal membesar. Kelahiran bayi juga menyebabkan peningkatan tekanan intra-abdominal. Ibu hamil jarang membutuhkan pengobatan bedah, mungkin gejala biasanya akan sembuh setelah melahirkan.

Diagnosa wasir


Penyakit wasir biasanya didiagnosis dengan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan visual anus dan daerah sekitarnya dapat mendiagnosa wasir luar atau prolaps. Pemeriksaan rektal dapat dilakukan untuk mendeteksi tumor mungkin rektal, polip, pembesaran prostat, atau abses. Pemeriksaan ini tidak mungkin tanpa sedasi yang tepat karena rasa sakit, meskipun sebagian besar wasir dalam tidak berhubungan dengan nyeri. Konfirmasi visual dari wasir internal yang mungkin memerlukan anoskopi, penyisipan perangkat tabung berongga dengan cahaya terpasang di salah satu ujungnya. Kedua jenis wasir luar dan wasir dalam, ini dibedakan oleh posisi mereka sehubungan dengan garis dentate. Beberapa orang mungkin secara bersamaan dapat mengalami versi gejala keduanya. Jika rasa sakit timbul, kondisi ini lebih cenderung menjadi fisura anal atau wasir luar daripada wasir dalam.

Pencegahan penyakit wasir


Sejumlah tindakan pencegahan yang direkomendasikan, termasuk menghindari tegang ketika mencoba untuk buang air besar, menghindari sembelit dan diare baik dengan makan makanan tinggi serat dan minum banyak cairan atau dengan menggunakan suplemen serat, dan berolahraga yang cukup. Menghabiskan lebih sedikit waktu untuk buang air besar, dan menurunkan berat badan bagi orang-orang yang kelebihan berat badan dan menghindari angkat berat juga dianjurkan.

Pengobatan wasir


Pengobatan wasir tanpa operasi
Pengobatan wasir konservatif biasanya terdiri dari makanan yang kaya serat, asupan cairan untuk mempertahankan hidrasi, obat wasir atau anti-inflamasi nonsteroid, dan istirahat yang cukup. Penambahan asupan serat telah terbukti meningkatkan hasil dan dapat dicapai dengan perubahan diet atau konsumsi suplemen serat. Bukti manfaat dari mandi sitz selama setiap titik dalam pengobatan, bagaimanapun kurang kuat. Jika ini digunakan, harus dibatasi sampai 15 menit pada suatu waktu.

Sementara banyak obat wasir topikal dan supositoria yang tersedia untuk pengobatan wasir, tapi sedikit bukti yang mendukung penggunaannya. Obat yang mengandung steroid tidak boleh digunakan untuk lebih dari 14 hari, karena dapat menyebabkan penipisan kulit. Sebagian besar obat mencakup kombinasi bahan aktif. Ini mungkin termasuk krim penghalang seperti petroleum jelly atau seng oksida, obat analgesik seperti lidokain, dan vasokonstriktor seperti epinefrin. Beberapa mengandung Balsam Peru yang bagi orang-orang tertentu mungkin dapat mengalami alergi.

Flavonoid manfaatnya dipertanyakan, dengan potensi efek samping. Gejala biasanya hilang setelah kehamilan; sehingga pengobatan aktif sering ditunda sampai setelah melahirkan.

Operasi wasir
Sejumlah teknik operasi dapat digunakan jika manajemen konservatif dan prosedur sederhana gagal. Semua perawatan bedah berhubungan dengan beberapa derajat komplikasi termasuk perdarahan, infeksi, penyempitan dubur dan retensi urin, karena dekat dari rektum ke saraf yang memasok kandung kemih. Juga, resiko kecil inkontinensia tinja terjadi, terutama cairan, dengan angka yang dilaporkan antara 0% dan 28%. Ektropion mukosa adalah kondisi lain yang dapat terjadi setelah hemorrhoidectomy (sering bersama-sama dengan stenosis anal). Di sinilah mukosa dubur menjadi eversi dari anus, mirip dengan bentuk yang sangat ringan dari prolaps rektum.


  • Hemorrhoidectomy eksisi adalah eksisi operasi wasir digunakan terutama hanya pada kasus yang berat. Hal ini terkait dengan nyeri pasca operasi yang signifikan dan biasanya membutuhkan 2-4 minggu untuk pemulihan. Namun, manfaat jangka panjang lebih besar pada mereka dengan wasir kelas 3 dibandingkan dengan karet gelang ligasi. Ini adalah pengobatan yang dianjurkan pada mereka dengan thrombosed wasir eksternal jika dilakukan dalam waktu 24-72 jam. Gliseril trinitrat salep setelah prosedur membantu mengurangi rasa sakit dan penyembuhan.
  • Doppler-guided, transanal dearterialization hemoroid adalah pengobatan minimal invasif menggunakan doppler USG untuk secara akurat menemukan aliran darah arteri. Arteri ini kemudian "diikat" dan jaringan prolaps dijahit kembali ke posisi normal. Ini memiliki tingkat kekambuhan sedikit lebih tinggi, namun komplikasi lebih sedikit dibandingkan dengan hemorrhoidectomy.
  • Hemoroidektomi dengan Stapler, juga dikenal sebagai hemorrhoidopexy jepit, melibatkan penghapusan banyak jaringan hemoroid abnormal yang membesar, diikuti oleh reposisi sisa hemoroid jaringan kembali ke posisi anatomi normal. Hal ini umumnya kurang menyakitkan dan berhubungan dengan penyembuhan lebih cepat dibandingkan dengan menyelesaikan penghapusan wasir. Namun, kemungkinan gejala wasir kembali lebih besar daripada hemorroidectomy konvensional, sehingga biasanya hanya disarankan untuk penyakit kelas 2 atau 3.

Epidemiologi wasir


Sulit untuk menentukan bagaimana penyakit wasir secara umum karena banyak orang dengan kondisi tidak pergi ke penyedia layanan kesehatan. Namun, gejala wasir diperkirakan mempengaruhi setidaknya 50% dari populasi Amerika Serikat pada beberapa waktu selama hidup mereka, dan sekitar 5% dari populasi dipengaruhi pada waktu tertentu. Kedua jenis kelamin mengalami kondisi tentang kejadian yang sama, dengan tingkat memuncak antara 45 dan 65 tahun. Mereka lebih umum di Kaukasia dan orang-orang dari status sosial ekonomi yang lebih tinggi.

Hasil jangka panjang yang umumnya baik, meskipun beberapa orang mungkin memiliki episode gejala berulang. Hanya sebagian kecil orang akhirnya perlu operasi.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.