Sabtu, 10 Januari 2015

Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Tumor Otak

Tentang Penyakit Tumor Otak

Tumor otak digolongkan sebagai primer atau sekunder.

- Tumor otak primer berkembang dari sel-sel normal di dalam otak Anda.
- Tumor otak sekunder berkembang ketika sel-sel kanker dari bagian lain dari tubuh Anda, seperti paru-paru atau payudara, menyebar ke otak Anda.

Artikel ini akan berfokus pada tumor otak primer.

Tumor otak primer dapat menjadi ganas (kanker) atau jinak (tidak bersifat kanker). Setiap tahun di Inggris, sekitar 5.000 orang didiagnosis dengan tumor otak ganas dan sekitar 4.300 dengan tumor otak jinak. Tumor otak dapat terjadi pada semua usia tetapi lebih umum pada orang tua. Sekitar 300 anak didiagnosis dengan tumor otak setiap tahun.

Jenis Tumor Otak Primer

Ada berbagai jenis tumor otak primer. Jenis yang paling umum dari tumor otak primer dijelaskan di bawah ini.

Glioma
Lebih dari setengah dari semua tumor otak primer adalah glioma. Mereka tumbuh dari sel-sel glial, yang mendukung sel saraf di otak Anda. Jenis yang paling umum dari glioma adalah:

  • Astrocytomas dan glioblastomas, yang tumbuh dari sel yang disebut astrosit 
  • Oligodendrogliomas, yang tumbuh dari sel yang disebut oligodendrocytes 
  • Ependymoma, yang tumbuh dari sel-sel yang disebut sel ependymal

Meningioma
Sekitar satu dari empat tumor otak pada orang dewasa adalah meningioma. Tumor ini dimulai dalam lapisan jaringan yang menutupi otak Anda (meningen) dan biasanya jinak.

Tumor Hipofisis
Sekitar satu dari 10 tumor otak berkembang di kelenjar hipofisis. Ini disebut adenoma dan biasanya jinak.

Medulloblastoma
Medulloblastoma adalah jenis tumor yang biasanya berkembang di otak kecil di bagian belakang otak Anda. Ini jarang mempengaruhi orang dewasa tetapi merupakan tumor otak ganas yang paling umum pada anak-anak.

Tingkat Tumor Otak

Penilaian digunakan untuk menggambarkan bagaimana tumor otak Anda terlihat di bawah mikroskop, yang memberikan dokter informasi lebih lanjut tentang bagaimana perkembangannya, dan cara terbaik untuk mengobatinya. Sel kanker tingkat rendah tampak mirip dengan sel normal dan mungkin akan tumbuh perlahan-lahan. Sebuah sel kanker bermutu tinggi terlihat normal dan tumbuh lebih cepat, sehingga lebih mungkin untuk menyebar.

Gejala Tumor Otak

Gejala tumor otak yang Anda alami tergantung pada banyak faktor, termasuk ukuran tumor dan posisinya dalam otak Anda. Beberapa tumor otak tidak menimbulkan gejala apapun dan hanya dapat ditemukan secara kebetulan.

Ciri-ciri tumor otak atau gejala yang paling umum adalah sakit kepala dan kejang. Jika Anda mengalami sakit kepala, mungkin akan lebih parah di malam hari dan pagi. Anda juga mungkin merasa sakit atau muntah dan memiliki penglihatan kabur. Gejala ini dapat disebabkan oleh peningkatan tekanan di tengkorak dari tumor - ini dapat terjadi bahkan jika itu tumor jinak sekalipun. Meskipun sakit kepala adalah salah satu tanda-tanda tumor otak / gejala yang paling umum, penting untuk menyadari bahwa sakit kepala biasa sangat umum, sakit kepala kebanyakan bukan disebabkan oleh tumor otak.

Jika penyakit tumor otak menyebabkan Anda mengalami kejang, Anda mungkin menjadi tidak dapat berbicara dan mengalami saat-saat tidak sadarkan diri. Atau, Anda mungkin mengalami kelemahan pada satu sisi tubuh Anda, kesulitan berbicara, membaca dan menulis, masalah dengan pendengaran atau indera penciuman dan perubahan kepribadian, ingatan atau kemampuan mental Anda. Ini mungkin karena tumor otak Anda telah berkembang ke area tertentu dari otak Anda dan menekannya.

Gejala ini tidak selalu disebabkan oleh tumor otak, tetapi jika Anda mengalami gejala-gejala ini, segera temui dokter. Penyebab yang lebih umum dari gejala seperti ini mungkin sakit kepala migrain atau stroke.

Penyebab Tumor Otak

Alasan yang tepat mengapa Anda dapat terkena tumor otak tidak sepenuhnya dipahami saat ini. Kebanyakan tumor otak diperkirakan berkembang dari perubahan sel-sel otak yang tidak biasa dan acak, tetapi apa yang menyebabkan ini tidak diketahui.

Ada sejumlah faktor yang meningkatkan resiko terkena tumor otak, termasuk:

  • Usia Anda - semakin tua Anda, semakin besar kemungkinan Anda untuk terkena tumor otak 
  • Memiliki penyakit bawaan - misalnya, neurofibromatosis (suatu kondisi yang mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan sel-sel saraf) 
  • Terkena radiasi dosis tinggi - misalnya, jika Anda menjalani radioterapi untuk kepala Anda sebagai pengobatan untuk kanker lain. 
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah - misalnya, jika Anda terinfeksi HIV / AIDS, atau jika Anda pengguna obat-obatan yang menekan sistem kekebalan tubuh 

Saat ini, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa penggunaan ponsel dapat menyebabkan tumor otak.

Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Tumor Otak


Diagnosis Tumor Otak 

Dokter akan bertanya tentang gejala Anda dan memeriksa Anda. Dokter mungkin akan melakukan tes untuk menilai refleks Anda, kekuatan otot, ingatan dan penglihatan Anda.

Dokter mungkin akan merujuk Anda ke seorang ahli saraf (dokter yang mengkhususkan diri dalam mengidentifikasi dan mengobati kondisi yang mempengaruhi sistem saraf) atau seorang ahli bedah saraf (seorang ahli bedah yang mengkhususkan diri dalam mengidentifikasi dan mengobati kondisi yang mempengaruhi sistem saraf).

Anda mungkin menjalani tes berikut untuk mengkonfirmasi diagnosis dan untuk mengetahui apa jenis tumor otak yang Anda miliki:

  • Tes darah - tes ini menilai kesehatan umum dan periksa tanda-tanda kimia tertentu dalam darah Anda. 
  • CT scan - tes ini menggunakan sinar-X untuk membuat gambar tiga dimensi dari otak Anda. 
  • MRI scan - tes ini menggunakan magnet dan gelombang radio untuk menghasilkan gambar dari bagian dalam otak Anda. 

Anda mungkin akan menjalani biopsi (di mana sampel kecil jaringan akan dihilankan) untuk mengetahui jenis dan tingkat tumor otak Anda. Dokter akan menggunakan CT scan dan MRI scan untuk menemukan posisi tumor secara akurat. Hasil biopsi kemudian akan dikirim ke laboratorium untuk pengujian. Pengobatan Anda akan direncanakan sesuai dengan jenis dan tingkat tumor otak yang Anda miliki.

Pengobatan Tumor Otak

Karena tumor otak yang berbeda berkembang dengan cara yang berbeda, pengobatan akan bervariasi tergantung pada jenis tumor otak yang Anda miliki, ukuran dan tingkatan, dan posisi di otak Anda.

Tergantung pada jenis tumor yang Anda miliki, dokter dan perawat yang merawat Anda akan membahas pilihan pengobatan Anda secara lebih rinci dan memberikan saran dan informasi lebih lanjut sehingga Anda dapat membuat keputusan tentang perawatan apa yang ingin Anda jalani.

Pencegahan
Jika tumor otak Anda tumbuh lambat dan tidak menyebabkan banyak gejala, Anda mungkin tidak memerlukan pengobatan apapun langsung. Kondisi Anda akan diawasi secara ketat dengan check-up rutin dan scan. Hal ini sering disebut pengawasan aktif.

Operasi Tumor Otak 
Tujuan operasi adalah untuk menyingkirkan tumor di otak. Tumor otak ganas biasanya agak sulit untuk dihilangkan sepenuhnya. Tergantung pada jenis tumor otak yang Anda miliki, serta ukuran dan posisi, dokter bedah Anda dapat merekomendasikan operasi terbuka (kraniotomi) atau operasi lubang kunci. Jika Anda memiliki tumor hipofisis, dokter bedah Anda mungkin menyarankan setelah itu dihilangkan melalui hidung (disebut operasi transsphenoidal).

Anda biasanya akan diberikan anestesi umum, yang berarti Anda akan tertidur. Namun, Anda mungkin perlu sadar untuk prosedur jika dokter bedah Anda harus menilai fungsi otak Anda selama operasi. Hal ini penting untuk menghilangkan tumor dari area otak Anda yang mengontrol fungsi-fungsi vital seperti gerakan, rasa dan berbicara.

Anda mungkin harus menjalani kemoterapi atau radioterapi setelah operasi untuk memastikan bahwa semua sel kanker telah hancur.

Pengobatan Alternatif Tumor Otak Tanpa Operasi

Radioterapi
Radioterapi menggunakan sinar radiasi ditargetkan untuk menghancurkan tumor Anda dan meminimalkan kerusakan pada jaringan sehat di sekitarnya. Radioterapi biasanya digunakan baik setelah operasi untuk membunuh sel-sel tumor yang tersisa, atau sebagai alternatif untuk operasi. Anda mungkin menjalani serangkaian perawatan setiap hari selama dua sampai enam minggu.

Kemoterapi
Kemoterapi menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel-sel kanker. Biasanya melalui suntikan. Hanya beberapa obat tumor otak atau obat kemoterapi yang efektif dalam pengobatan tumor otak - yang paling sering digunakan adalah temozolomide atau kombinasi dari tiga obat yang disebut prokarbazin, Lomustine (juga disebut CCNU) dan vincristine. Tablet Temozolomide sekarang sering digunakan dalam kombinasi dengan radioterapi untuk mengobati tumor otak ganas yang disebut glioblastomas.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.