Kamis, 26 Februari 2015

Cara Menghilangkan Bekas Luka Pada Kulit

Bekas luka adalah tanda yang tersisa pada kulit setelah luka cedera pada permukaan kulit yang telah sembuh. Bekas luka sangat umum bagi semua orang, kebanyakan orang memiliki minimal satu di tubuh mereka. Ini adalah bagian dari proses penyembuhan alami.

Bekas luka dapat terjadi di dalam dan di luar tubuh. Misalnya, bekas luka dapat terjadi pada organ internal di mana pemotongan telah dilakukan saat operasi, dan juga dapat terjadi setelah sembuh dari kondisi kulit tertentu, seperti bekas jerawat, cacar air atau luka bakar.

Bagaimana terbentuknya bekas luka?

Ketika kulit terluka dan ada istirahat dalam jaringan tubuh, tubuh memproduksi lebih banyak protein yang disebut kolagen sebagai bagian dari proses penyembuhan. Kolagen membangun di mana jaringan yang rusak, membantu menyembuhkan dan meringankan luka.


cara menghilangkan bekas luka secara alami, obat penghilang bekas luka
Bekas luka

Untuk jangka waktu sekitar tiga bulan atau lebih, kolagen baru terus terbentuk dan suplai darah meningkat, menyebabkan luka menjadi terangkat, kental dan merah. Beberapa kolagen kemudian rusak di lokasi luka, suplai darah berkurang dan bekas luka secara bertahap menjadi halus, lembut dan pudar.

Meskipun bekas luka permanen, tetapi bekas luka dapat memudar selama periode dua tahun. Setelah waktu ini, tidak akan memudar lagi.

Bekas luka pada kulit dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk:

  • cedera yang tidak disengaja, seperti luka jatuh dari sepeda
  • bahaya yang disengaja seperti menyakiti diri sendiri
  • pemotongan yang dilakukan selama operasi, seperti operasi caesar kelahiran
  • gigitan dari hewan
  • luka bakar dari benda panas atau cairan panas
  • bisul, jerawat, atau cacar yang sudah sembuh
  • suntikan, seperti vaksinasi terhadap penyakit
  • tato

Jaringan parut juga dapat menjadi efek samping atau komplikasi dari kondisi lain. Misalnya, jika Anda memiliki kondisi yang menyebabkan luka, seperti cacar air atau jerawat, ini dapat meninggalkan bekas luka dari ruam itu.

Diperkirakan keloid bekas luka dan jaringan parut hipertrofik dapat berkembang didalam anggaota keluarga. Ini berarti Anda memiliki peningkatan risiko memiliki keloid bekas luka atau jaringan parut hipertrofik jika anggota keluarga Anda sebelumnya telah memiliki jenis bekas luka.

Jaringan parut internal dapat disebabkan oleh cedera atau pembedahan.

Jaringan parut terjadinya tidak terduga dan bervariasi pada setiap orang. Tempat tertentu dari tubuh yang lebih berisiko terjadi jaringan parut, seperti dada, punggung, cuping telinga dan bahu.

Bekas luka yang terbentuk pada lutut dan bahu dapat muncul memanjang atau melebar sebagai akibat dari proses penyembuhan yang terjadi selama sendi bergerak.

Jenis bekas luka

Berbagai jenis bekas luka meliputi:

  • bekas luka hipertrofik - merah, benjolan bekas luka yang terbentuk di sepanjang luka dan bisa tetap seperti ini sampai lima tahun
  • bekas luka keloid - disebabkan oleh kelebihan jaringan parut yang diproduksi di lokasi luka di mana bekas luka tumbuh melampaui batas-batas luka aslinya, bahkan setelah luka telah sembuh
  • bekas luka contracture - disebabkan oleh kulit menyusut dan pengetatan, biasanya setelah luka bakar, yang dapat membatasi gerakan

Obat Penghilang Bekas Luka


Tergantung pada jenis dan umur bekas luka, berbagai perawatan yang berbeda dapat membantu membuat bekas luka kurang terlihat dan memperbaiki penampilannya.

Bekas luka tidak mungkin hilang sepenuhnya, meskipun sebagian besar secara bertahap akan memudar dalam jangka waktu yang lama.

Jika jaringan parut tidak enak dilihat, tidak nyaman atau membatasi penampilan Anda, pilihan pengobatan dapat mencakup:

Lembaran silikon gel
Tekanan balutan
Suntikan kortikosteroid
Kamuflase kosmetik (make-up)
Operasi

Sering kali, kombinasi pengobatan dapat digunakan.

efek emosional

Jaringan parut jika terdapat pada wajah, bisa sangat menyedihkan. Hal ini dapat merasa seolah-olah Anda kelihatan jelek. Jika Anda menghindari bertemu dengan orang-orang sebagai akibat dari penampilan Anda, Anda mungkin menjadi terisolasi secara sosial. Hal ini dapat menyebabkan perasaan depresi. Jika Anda merasa bahwa bekas luka Anda membuat Anda tertekan atau mempengaruhi kegiatan sehari-hari Anda, segera kunjungi dokter .

mencegah pembentukan bekas luka

Hal ini tidak mungkin dapat mencegah pembentukan bekas luka , tetapi ada hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu bekas luka Anda menjadi kurang terlihat dan mengatasinya supaya lebih baik, seperti membersihkan kotoran, benda dan jaringan yang mati dari luka.

Cara lain untuk memperbaiki jaringan parut termasuk:

  • Jangan menggaruk luka walaupun terasa gatal
  • menutup luka dengan salep tahan air
  • menggunakan lembaran silikon gel untuk mengurangi kemerahan dan mendorong penyembuhan

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.