Tuesday, February 24, 2015

Fungsi Paru-paru Dan Masalah Sistem Pernapasan Pada Manusia

sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
Organ utama dari sistem pernapasan pada manusia adalah paru-paru. Fungsi paru-paru kita adalah untuk menghirup oksigen dan menghembuskan karbon dioksida. Ini pertukaran gas yang sangat penting untuk kehidupan. Pernapasan tergantung pada diafragma, lembaran otot tersandang di bawah paru-paru di dalam tulang rusuk. Masalah umum dari sistem pernafasan termasuk asma, bronkitis, emfisema, hayfever, influenza, radang tenggorokan dan radang paru-paru.

Sel-sel kita membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup. Salah satu produk limbah yang dihasilkan oleh sel adalah gas lain yang disebut karbon dioksida. Sistem pernapasan mengambil oksigen dari udara yang kita hirup dan mengusir karbon dioksida yang tidak diinginkan. Organ utama dari sistem pernapasan adalah paru-paru.

Fungsi hidung dan trakea

Kita bernapas melalui hidung. Bulu hidung membantu untuk menjebak partikel debu. Udara hangat memasuki paru-paru melalui tenggorokan atau trakea. Trakea adalah tabung hampa diperkuat oleh cincin tulang rawan untuk mencegah dari runtuh.

Paru-paru manusia

 
penyakit paru-paru, kanker paru-paru, paru paru basah
gambar paru-paru


Paru-paru kita berada di dalam dada, dilindungi oleh tulang rusuk dan terbungkus selaput yang disebut pleura. Paru-paru terlihat seperti spons raksasa, karena mereka penuh dengan ribuan tabung, bercabang lebih kecil dan lebih kecil. Komponen yang terkecil dari semua adalah kantung udara, yang disebut 'alveoli'. Masing-masing memiliki mesh halus kapiler. Ini dimana terjadi pertukaran oksigen dan karbon dioksida.

Sistem Pernapasan Manusia


Darah yang mengandung karbon dioksida memasuki lapisan kapiler alveoli. Gas bergerak dari darah di lapisan tipis dan ke dalam kantung udara. Karbon dioksida kemudian napas keluar. Pada inhalasi, oksigen ditarik ke alveoli mana melewati ke dalam darah menggunakan lapisan tipis yang sama.

Kemampuan berbicara

Sistem pernapasan juga memungkinkan kita untuk berbicara. Udara yang dihembuskan berjalan di atas pita suara dalam tenggorokan. Suara tergantung pada:

  • Ketegangan dan panjang pita suara
  • Bentuk dada
  • Berapa banyak udara sedang dihembuskan.

Masalah sistem pernapasan

Beberapa penyakit pada sistem pernapasan meliputi:

  • Asma - mengi dan sesak napas yang disebabkan oleh penyempitan saluran udara
  • Bronkitis - radang selaput lendir paru-paru
  • Emfisema - penyakit alveoli
  • Hayfever - reaksi alergi terhadap serbuk sari, debu atau iritasi lainnya
  • Influenza - disebabkan oleh virus
  • Laringitis - peradangan pada pita suara (laring)
  • Pneumonia - radang paru-paru. Dan infeksi paru-paru lainnya.

Hal yang perlu diingat

  • Respirasi adalah penyerapan oksigen dan penghapusan karbon dioksida.
  • Pekerjaan ini dilakukan oleh paru-paru.
  • Pernapasan dicapai dengan kontraksi dan relaksasi otot diafragma dan tulang rusuk.


sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.