Senin, 02 Februari 2015

Khasiat dan Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan

Pengertian susu kedelai adalah minuman yang terbuat dari kacang kedelai yang diolah secara manual atau dengan menggunakan mesin pembuat susu kedelai. Biasanya juga disebut sebagai minuman kedelai atau susu sari kedelai.  Proses pembuatan susu kedelai juga tidak terlalu sulit. Untuk cara membuat susu kedelai yang enak, Anda hanya membutuhkan sedikit keahlian, dengan begitu Anda bisa menghasilkan produk susu kedelai yang enak. Kandungan susu kedelai hampir sama proporsi dengan susu sapi. Pembuatan susu kedelai dapat dilakukan di rumah dengan menggunakan alat-alat dapur tradisional atau dengan mesin susu kedelai.

Sejarah tentang susu kedelai. Susu kedelai, atau kadang-kadang disebut susu sari kedelai adalah makanan pokok tradisional di Asia, terutama di China, Taiwan, Hong Kong, Malaysia dan Singapura. Orang Cina menemukan susu kedelai ribuan tahun yang lalu, dan selain susu kedelai, mereka juga menciptakan tahu dan kulit tahu. Susu kedelai sangat serbaguna dan dapat disajikan dengan rasa manis atau asin. Di Cina dan Taiwan, susu kedelai dengan youtiao adalah sarapan pokok bagi banyak orang.

Khasiat dan Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan

Kelebihan susu kedelai adalah merupakan minuman yang sangat bergizi dan sangat baik untuk kesehatan. Kacang kedelai secara alami mengandung tinggi asam lemak esensial, protein, serat, vitamin dan mineral. Khasiat susu kedelai ini memberikan energi dan menjaga tubuh Anda berfungsi pada tingkat yang optimal. Berikut ini adalah beberapa manfaat susu kedelai bagi kesehatan yang paling penting yang dapat Anda peroleh dari minum susu kacang kedelai:

1. Meningkatkan Lipid Darah

Manfaat susu kacang kedelai yang paling penting adalah kemampuannnya untuk meningkatkan lipid darah Anda. Tidak seperti susu sapi pada umumnya, yang tinggi lemak jenuh dan kolesterol, lemak susu kedelai sebagian besar tak jenuh dengan nol kolesterol. Lemak tak jenuh dalam susu kedelai dapat menghambat pengangkutan kolesterol ke dalam aliran darah Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat kacang kedelai bila di konsumsi rutin secara signifikan dapat menurunkan trigliserida darah dan kolesterol low density lipoprotein (LDL atau kolesterol jahat) dan meningkatkan kolesterol lipoprotein densitas tinggi (HDL atau kelesterol baik). Efek susu kedelai gabungan ini membuat susu kedelai merupakan minuman yang ideal jika Anda memiliki kolesterol tinggi atau memiliki riwayat keluarga penyakit jantung koroner.


2. Khasiat kacang Kedelai Dapat Memperkuat Integritas Pembuluh Darah

Omega-3 dan omega-6 serta antioksidan dalam kacang kedelai efektif dapat melindungi pembuluh darah Anda dari luka dan pendarahan. Senyawa ini mengikat pada lapisan pembuluh darah dan mempertahankan lapisan sel-sel Anda dari serangan radikal bebas dan kolesterol. Kandungan nutrisi susu kedelai ini juga meningkatkan fluiditas dan fleksibilitas pembuluh darah Anda sehingga mereka jauh lebih tahan terhadap perubahan tekanan darah.


3. Manfaat Susu Kedelai Untuk Diet

Susu kedelai secara alami rendah kadar gula dibanding susu biasa. Susu sapi terdapat sekitar 12 gram gula per cangkir dibandingkan dengan susu kedelai yang hanya 7 gram per cangkir. Inilah sebabnya mengapa secangkir susu kedelai keseluruhan hanya memiliki 80 kalori, yang setara dengan susu skim. Selain itu, asam lemak tak jenuh tunggal dalam susu kedelai dapat menghambat penyerapan usus Anda dari lemak, yang merupakan keuntungan lain untuk menurunkan berat badan. Fungsi susu kedelai juga memberikan dosis tambahan serat, yang mengatasi lapar untuk waktu yang lebih lama.


4. Kegunaan Susu Kedelai Untuk Mencegah Kanker Prostat

Susu kedelai merupakan sumber yang kaya phytoestrogen, hormon tanaman unik yang dapat menghambat produksi testosteron pada pria. Kadar testosteron berkurang secara signifikan dapat mengurangi risiko kanker prostat. Penelitian telah menunjukkan bahwa seorang pria yang minum susu kedelai untuk diet lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan hipertrofi prostat atau kanker prostat.


5. Mencegah Sindrom Menopause

Selama menopause, produksi hormon estrogen seorang wanita turun ke minimum. Penurunan estrogen tiba-tiba ini mendatangkan sejumlah masalah kesehatan bagi wanita menopause. Wanita pasca menopause memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung, diabetes dan obesitas. Mereka juga lebih rentan terhadap depresi, perubahan suasana hati, insomnia dan gangguan psikologis lainnya. Fitoestrogen dalam susu kedelai adalah pengganti estrogen yang efektif. Asupan gizi susu kedelai juga merupakan cara terbaik untuk mencegah dan meringankan sindrom ini pascamenopause.


6. Susu Kedelai Dapat Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit tulang yang berhubungan dengan usia dan hormon. Fitoestrogen dalam susu kedelai dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh Anda dan mencegah hilangnya massa tulang. Untuk mendapatkan manfaat lain susu kedelai yang maksimal, pastikan Anda untuk beli susu kedelai bubuk atau cair yang diperkaya dengan kalsium tambahan dan vitamin D.


Susu kedelai telah mendapatkan popularitas di beberapa negara karena banyak memiliki manfaat kesehatan. Selain itu, manfaat susu kedelai untuk ibu hamil dan untuk bayi mereka juga banyak, diantaranya yaitu untuk meringankan gejala diare pada bayi. Saat ini, banyak toko yang ada jual susu kedelai, salah satu produk yang populer adalah susu kedelai melilea. Anda bisa membelinya ditoko-toko biasa. Harga susu kedelai melilea tergantung pada dimana tempat Anda beli. Resep susu kedelai yang diproduksi secara massal biasanya kebanyakan dibuat dengan mencampurkan bahan pengawet.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.