Minggu, 13 Desember 2015

Makalah Kesehatan reproduksi Wanita usia Subur

Hormon adalah kunci untuk kesehatan reproduksi dalam semua aspek kehidupan seksual seorang wanita. Hormon mengatur haid, kesuburan, menopause, dan gairah seks (libido). Hormon-hormon utama yang mempengaruhi siklus menstruasi dan kesuburan diproduksi oleh kelenjar di otak dan oleh ovarium.

Makalah Kesehatan reproduksi Wanita usia SuburSebuah bagian dari otak yang disebut hipotalamus menghasilkan GnRH (gonadotropin-releasing hormone). GnRH adalah hormon yang memicu kelenjar pituitary-a seukuran kacang tepat di bawah hipotalamus-untuk melepaskan dua hormon lain: hormon perangsang folikel (FSH) dan luteinizing hormone (LH). FSH dan LH pada gilirannya memulai proses ovulasi (pelepasan sel telur) dalam ovarium.

Selama proses ini, ovarium juga memproduksi estrogen dan progesteron, yang keduanya membantu mempersiapkan rahim untuk kehamilan. Jika kehamilan tidak terjadi, menstruasi, penumpahan lapisan rahim, menandai akhir dari siklus menstruasi. Jika salah satu hormon yang terlibat dalam siklus menstruasi tidak seimbang, hasilnya bisa menstruasi yang tidak teratur atau tidak terjawab.
Diagnosis masalah kesehatan reproduksi wanita dimulai dengan sejarah wanita medis, pemeriksaan fisik dan panggul, dan tes darah untuk mengukur kadar hormon. Tergantung pada temuan awal, tes lain mungkin diperlukan untuk melengkapi diagnosis. Pendekatan ini berlaku untuk berbagai masalah kesehatan reproduksi wanita-amenore (kurangnya periode), infertilitas, menopause - hyperlink, dan disfungsi seksual perempuan terkait dengan hormon.

Amenore

Amenore adalah istilah medis untuk tidak adanya periode menstruasi. Amenore tidak normal kecuali sebelum pubertas, selama kehamilan dan menyusui dini, dan setelah menopause - hyperlink. Setiap wanita yang merindukan lebih dari tiga periode dalam waktu satu tahun harus menemui dokter untuk menemukan penyebabnya.

Penyebab amenore

Amenore disebut primer jika seorang wanita belum mulai menstruasi pada usia 16 tahun. Amenore primer biasanya karena masalah organ genetik atau reproduksi yang hadir pada saat lahir tetapi tidak melihat sampai pubertas. Sindrom Turner adalah salah satu contoh.

Amenore disebut sekunder jika seorang wanita yang memiliki periode di masa lalu kehilangan menstruasi selama minimal enam bulan. Kehamilan adalah penyebab paling umum dari amenore sekunder. Penyebab umum lainnya adalah menopause dini, juga disebut insufisiensi ovarium primer (POI) atau kegagalan ovarium prematur.

Amenore hipotalamus terjadi ketika hipotalamus di otak melambat atau berhenti melepaskan GnRH, hormon yang mengontrol siklus menstruasi. Perempuan biasanya terkena adalah mereka dengan gangguan makan atau yang atlet, penari balet seperti, skaters sosok, dan pelari. Apa yang mereka memiliki kesamaan adalah
  •     berat badan rendah
  •     persentase lemak tubuh yang rendah
  •     kalori sangat rendah atau asupan lemak 
  •     stres emosional
  •     olahraga berat yang membakar kalori lebih dari yang diambil dalam melalui makanan
  •     beberapa kondisi medis atau penyakit

Amenore juga bisa disebabkan oleh tumor jinak pada kelenjar pituitari, obesitas, sindrom ovarium polikistik, dan gangguan kelenjar adrenal. (Adrenals dua kelenjar kecil yang terletak di atas setiap ginjal yang memproduksi beberapa hormon seks.) Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah masalah reproduksi umum yang kadang-kadang menyebabkan amenore. Namun, kebanyakan wanita dengan PCOS memiliki periode menstruasi tidak teratur, tidak amenore.

Pengobatan
Pengobatan amenore bervariasi tergantung pada penyebabnya. Ini bisa melibatkan perubahan gaya hidup seperti memperoleh atau kehilangan berat badan, berolahraga kurang intens, atau mengurangi stres, obat-obatan, operasi untuk memperbaiki kelainan pada organ reproduksi, atau kombinasi pendekatan. Beberapa wanita minum pil KB untuk mengatur periode mereka. Obat-obat ini, yang menggabungkan estrogen dan progesteron, mempertahankan tingkat keseimbangan hormon-hormon dalam tubuh.
Amenore berkepanjangan dapat meningkatkan risiko keropos tulang, sehingga mengambil suplemen kalsium dan vitamin D dianjurkan. Wanita dengan amenore hipotalamus juga perlu menambah berat badan atau benar masalah mendasar lainnya untuk menjaga tulang yang kuat.

infertilitas wanita
Infertilitas adalah ketidakmampuan pasangan yang aktif secara seksual, tidak menggunakan kontrol kelahiran, untuk hamil setelah satu tahun mencoba. Sekitar seperempat dari infertilitas perempuan disebabkan oleh masalah dengan ovulasi. Biasanya, setiap bulan telur matang dalam folikel sendiri (semacam bubble) di ovarium dan dilepaskan ke dalam tuba falopi. Proses ovulasi adalah masa subur dari siklus menstruasi.

Alasan terjadinya infertilitas
Kurangnya ovulasi atau jarang ovulasi: Absen atau tidak teratur ovulasi adalah penyebab umum dari ketidaksuburan, dan dapat disebabkan oleh
  •          sindrom ovarium polikistik
  •          amenore hipotalamus
  •          masalah yang menyebabkan pituitary untuk melepaskan terlalu banyak prolaktin, hormon yang mempengaruhi tingkat estrogen
  •          insufisiensi ovarium primer

Umur: Ada penurunan bertahap dalam kuantitas dan kualitas telur awal ketika seorang wanita berusia 30-an pertengahan, atau sekitar 10 tahun sebelum menopause.

Kondisi lain yang terkait dengan hormon: Sebuah kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif, diabetes, obesitas, dan, kadang-kadang, sindrom Cushing (gangguan pada kelenjar adrenal) dapat mempengaruhi kesuburan.
Penyebab lain infertilitas termasuk penyumbatan tuba, endometriosis, dan faktor infertilitas pria.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.