Minggu, 13 Desember 2015

Pengertian Pubertas Dan Masa Pubertas Laki-Laki Dan Perempuan

Apakah yang dimaksud dengan pubertas.
Pengertian pubertas adalah waktu hidup ketika tubuh seorang anak matang menjadi seorang dewasa.


Pengertian pubertas dan masa pubertas laki-laki dan perempuan     Untuk anak perempuan, pubertas dapat mulai sedini usia 7 ½ tahun atau hingga akhir usia 13. Payudara mereka mulai mengembangkan dan pinggul mereka semakin luas. Gadis mulai tumbuh bulu ketiak dan rambut kemaluan, dan memiliki percepatan pertumbuhan. Mereka mulai mengalami periode menstruasi sekitar 2 sampai 3 tahun setelah payudaranya mulai berkembang.

     Untuk anak laki-laki, pubertas biasanya dimulai antara usia 9 dan 14 tahun. Testis dan penis menjadi lebih besar. Anak laki-laki mulai tumbuh bulu ketiak, rambut kemaluan, dan rambut wajah. Suara mereka memperdalam dan mereka memiliki percepatan pertumbuhan. Bahu Boys 'melebar dan mereka mengembangkan lebih banyak otot.

Apa yang menyebabkan pubertas tertunda?

     Untuk anak perempuan, itu berarti tidak ada perkembangan payudara pada usia 13 tahun atau tidak menstruasi pada usia 16 tahun.
     Untuk anak laki-laki, itu berarti tidak ada pembesaran testis pada usia 14 tahun.

Beberapa remaja yang "terlambat pof" yang hanya terjadi untuk memulai pubertas yang lebih lambat dari kebanyakan anak usia mereka. Masalah kesehatan fisik adalah penyebab paling umum tertundanya pubertas. Ini bukan disebabkan oleh masalah medis dan biasanya tidak memerlukan pengobatan. Pof yang terlambat akhirnya akan mulai pubertas sendiri dan mengejar teman-teman mereka.

Kadang-kadang, anak perempuan tidak mulai mengalami menstruasi karena rahim dan vagina mereka tidak berkembang dengan baik. Atau mereka mungkin memiliki terlalu banyak hormon yang disebut prolaktin, atau suatu kondisi yang disebut polycystic ovary syndrome (PCOS).

Apakah anak saya perlu ke dokter jika telah tertunda pubertasnya?

Kemungkinan besar, pubertas tertunda pada anak Anda tidak akan memerlukan pengobatan. Tetapi jika Anda atau anak remaja Anda prihatin tentang hal itu, adalah bijaksana untuk periksa kedokter, terutama jika anak Anda mulai berkembang tapi kemudian tiba-tiba berhenti. Dokter keluarga Anda atau dokter anak dapat memberitahu Anda jika anak Anda harus diperiksa untuk masalah kesehatan. Seringkali, satu-satunya remaja butuhkan adalah kepastian bahwa mereka akan menyusul rekan-rekan mereka.

Bagaimana dokter memeriksa pubertas yang tertunda?

Dokter akan menanyakan tentang kesehatan remaja Anda dan obat-obatan. Dokter juga akan ingin tahu apakah anak Anda telah melihat tanda-tanda pubertas atau jika ada riwayat keluarga yang pubertasnya tertunda. Anak Anda akan mendapatkan pemeriksaan fisik dan mungkin juga memiliki tes darah untuk memeriksa kadar hormon. Dokter akan memeriksa pertumbuhan anak Anda dengan mengukur tinggi dan berat badan, dan melakukan X-ray tangan untuk melihat apakah tulangnya sedang berkembang lebih lambat dari biasanya. Kadang-kadang, dokter dapat melihat tanda-tanda pubertas bahwa Anda atau anak remaja Anda mungkin tidak menyadari. Beberapa remaja membutuhkan scan otak (seperti MRI) untuk memeriksa masalah dengan kelenjar hipofisis. Perempuan mungkin perlu sonogram untuk melihat apakah rahim dan indung telur mereka sedang mengembangkan sebagaimana mestinya.

Apa pengobatan untuk pubertas tertunda?

Jika dokter Anda tidak menemukan masalah medis, remaja Anda mungkin tidak memerlukan pengobatan apapun dan akhirnya akan mulai berkembang sendiri. Dokter Anda mungkin ingin melacak kemajuan anak Anda menuju pubertas.

Jika anak remaja Anda tidak memiliki masalah medis, dokter mungkin merujuk Anda ke ahli endokrinologi pediatrik, seorang ahli dalam pertumbuhan dan pubertas.

Kadang-kadang, dokter akan meresepkan terapi hormon jangka pendek untuk membantu remaja mulai berkembang. Anak gadis akan mengambil pil estrogen atau menggunakan patch kulit, anak laki-laki mendapatkan suntikan testosteron. Beberapa remaja membutuhkan terapi hormon jangka panjang jika mereka tidak mampu membuat jumlah normal estrogen atau testosteron.

Apa yang dapat saya lakukan untuk membantu anak saya mengatasi pubertas tertunda?

Melihat dokter anak atau dokter keluarga anak Anda untuk memastikan tidak ada yang salah adalah langkah pertama. Jika anak Anda merasa khawatir atau depresi, pertimbangkan konseling baginya. Beberapa remaja membutuhkan bantuan ekstra untuk memilah-milah perasaan mereka.
Pertanyaan untuk meminta dokter Anda

     Apakah anak saya telah menunda pubertas?
     Apa yang menyebabkan pubertas tertunda pada anak saya?
     Apakah anak saya memerlukan pengobatan untuk pubertas tertunda?
     Apa saja pilihan untuk pengobatan?
     Apa risiko dan manfaat dari setiap pilihan pengobatan?
     Berapa lama anak saya akan memerlukan pengobatan? 



Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.