Jumat, 01 Januari 2016

Cara Mengatasi Rambut Rontok - Apa Penyebab Rambut Rontok?

cara mengatasi rambut rontok + penyebab rambut rontok + perawatan rambut rontok - penyebab rambut rontokRambut rontok dapat menimbulkan rasa malu bagi sebagian orang baik pria maupun wanita. Meskipun rambut rontok merupakan hal yang umum terjadi pada semua orang, sudah pasti akan menimbulkan keprihatinan jika terjadi pada usia muda. Mungkin bisa terjadi pada suatu waktu, ketika tiba-tiba mengalami kerontokan rambut dan rambut anda mulai berjatuhan. Anda berkonsultasi pada ahli pengobatan rambut rontok dengan mengubah produk perawatan rambut anda, namun tidak berhasil. Bila anda berkonsultasi dengan dokter, dia akan menyarankan Anda untuk melakukan tes hormon tiroid. Di sini kita akan melihat lebih banyak pada rambut rontok yang disebabkan karena gangguan dari tiroid.


Penyebab Rambut Rontok

Tiroid adalah kelenjar kecil yang terletak di daerah tenggorokan. Berbentuk seperti kupu-kupu, dan merupakan salah satu kelenjar yang terpenting dalam tubuh. Hal ini terutama berfungsi untuk metabolisme dalam tubuh. Modulasi karbohidrat, lemak dan protein, dan produksi energi dalam tubuh berlangsung dengan bantuan kelenjar tiroid. Namun, terkadang, karena beberapa alasan, kelenjar tiroid gagal untuk menghasilkan  hormon yang cukup. Kondisi ini dikenal sebagai hipotiroidisme, atau tiroid yang rendah. Ada beberapa gejala yang berhubungan dengan hipotiroidisme, rambut rontok menjadi salah satu dari beberapa gejalanya. Selain itu, gejala seperti berat badan, depresi, cepat marah, kelelahan dan kulit kering dan lain-lain.

Jika kelenjar tiroid tidak berfungsi dengan normal, hormon yang dibutuhkan untuk metabolisme dari folikel rambut tidak akan terbentuk. Kurangnya proses metabolisme juga menyebabkan kekurangan protein dan vitamin pada rambut. Rambut menjadi tidak tumbuh dengan baik karena kurangnya vitamin dan protein. Oleh karena itu, rambut menjadi rapuh, kasar dan rontok. Satu hal yang penting untuk dicatat, adalah bahwa hal itu tidak hanya pada rambut di kepala yang rontok akibat hipotiroidisme. Rambut dari alis, ketiak dan alat kelamin juga menjadi rapuh dan rontok karena masalah ini.

Meskipun hipotiroidisme merupakan salah satu penyebab rambut rontok yang paling menonjol pada setiap orang, hipertiroidisme juga bisa menjadi salah satu alasan untuk hal yang sama. Ini adalah suatu kondisi yang terjadi ketika ada kelebihan dari produksi hormon. Penyakit Graves adalah salah satu akibat dari hipertiroidisme yang umum ditemukan pada 80% orang yang menderita hipertiroidisme. Berat badan, gugup, gelisah, kelelahan, jantung berdebar, tremor, perubahan pada kuku dan rambut rontok adalah gejala hipertiroid, atau hormon yang terlalu aktif.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Jika anda mengalami kerontokan rambut yang parah tanpa alasan yang diketahui, ambilah keputusan untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Demikian pula jika anda mengamati salah satu gejala yang disebutkan di atas bersamaan dengan rambut rontok, kemudian juga anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendiagnosa untuk mencari tahu penyebab kerontokan rambut. Tes tiroid akan membantu anda dalam diagnosis hipertiroidisme serta hipotiroidisme. Ada beberapa metode pengobatan masalah tiroid secara tradisional yang akan diresepkan dokter. Untuk cara mengatasi rambut rontok, mungkin dokter akan menyarankan anda agar mengkonsumsi suplemen tertentu untuk mencegah rambut rontok dan mengobati masalah tiroid yang merupakan penyebab rambut rontok. Jika kondisi ini disebabkan karena gangguan autoimun, dokter akan meresepkan obat untuk menekan sistem kekebalan tubuh. Ini merupakan metode pengobatan rambut rontok yang baik dan efektif dalam mengatasi rambut rontok dan juga metode pengobatan untuk penumbuh rambut rontok.

Anda harus mengetahui masalah gejala tiroid dan segera berkonsultasi dengan dokter tentang hal tersebut.  Terakhir, jika tes tiroid anda membuktikan normal, anda dapat berkonsultasi dengan ahli perawatan rambut rontok untuk mengetahui penyebab rambut rontok dan cara mengatasi rambut rontok yang paling efektif.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.