Jumat, 22 Januari 2016

Jenis Jenis Anemia Dan Penyebab Penyakit Anemia

Jenis Jenis Anemia Dan Penyebab Penyakit Anemia
Kekurangan sel darah merah menyebabkan anemia
Anemia adalah suatu kondisi di mana tubuh Anda kekurangan sel darah merah yang baik untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh Anda. Sel darah merah mengandung hemoglobin, protein kaya zat besi yang memungkinkan sel untuk mengangkut oksigen. Untuk memproduksi hemoglobin dan sel darah merah, tubuh membutuhkan zat besi, mineral, protein dan vitamin.

Kebanyakan orang yang menderita penyakit anemia akan merasa lelah sepanjang waktu. Ada banyak jenis anemia, dengan penyebab yang berbeda. Sebagai pengobatan untuk jenis-jenis anemia mungkin tidak sesuai satu sama lainnya. Pengobatan dapat bervariasi dari mengkonsumsi suplemen vitamin atau zat besi untuk operasi atau transfusi darah.
Anemia bisa menjadi gejala dari penyakit yang serius kalau tidak diatasi. Dibawah ini akan di jelaskan lima jenis yang paling umum dari penyakit anemia.

Ada banyak jenis anemia dan penyebabnya, namun jenis yang paling umum adalah sebagai berikut:

Anemia defisiensi besi. Ini adalah jenis yang paling umum dari semua jenis anemia. Hal ini terjadi ketika tubuh Anda tidak cukup menghasilkan hemoglobin.Umumnya penderita jenis anemia ini adalah di kalangan wanita usia subur, dan kurangnya zat besi menyebabkan anemia.


Anemia pernicious. jenis anemia pernisiosa disebabkan oleh ketidakmampuan usus untuk menyerap cukup vitamin B-12, tubuh Anda membutuhkan untuk menghasilkan sel darah merah.

Anemia aplastik. Anemia aplastik adalah ketika tubuh Anda tidak dapat membuat sel-sel darah merah yang cukup. Jenis anemia ini dapat disebabkan oleh kerusakan sumsum tulang oleh faktor di luar tubuh Anda, seperti terpapar bahan kimia, perawatan medis atau faktor fisik. Arsenik dan kemoterapi merupakan contoh dari jenis eksposur. Kadang-kadangjenis anemia aplastik ini tidak diketahui penyebabnya, meskipun penyakit autoimun diyakini menjadi penyebab anemia jenis ini.


Sickle Cell Anemia. Jenis anemia ini adalah suatu kondisi herediter yang ditandai dengan sel darah merah berbentuk sabit. Sel-sel sabit yang abnormal memecah lebih cepat dari sel-sel darah merah normal, sehingga akan kekurangan kronis sel darah merah dalam tubuh Anda. Jenis anemia ini adalah lebih umum terjadi pada orang keturunan Afrika, Arab dan Mediterania.

Trauma terkait anemia. Hal ini terjadi ketika tubuh Anda kehilangan sejumlah besar sel darah merah pada susatu waktu, seperti ketika Anda terluka dalam kecelakaan mobil. Penyakit anemia ini disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk mentransfer oksigen atau nutrisi ke organ karna tanpa sel-sel darah merah.


Itulah jenis jenis anemia serta penyebab penyakit anemia yang paling umum.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.