Jumat, 01 Juli 2016

Deskripsi Batuan Metamorf Sekis


Warna batuan: Hijau
Struktur         : Foliasi, Schistositic
Tekstur          :
Ketahanan Metamorfosa   : Kristaloblastik
Ukuran butir                      : Fanerik
Bentuk Kristal                   : Euhedral
Komposisi     : Klorit, Kuarsa

Deskripsi Komposisi :
·         Klorit berwarna hijau dengan kilap kaca, karena kilap yang dimiliki mineral ini sama dengan kilap yang dimliki oleh kaca, mineral ini dapat digores dengan kaca dan cerat mineral ini berwarna putih. Mineral ini tersebar secara merata pada bataun dan merupakan mineral utama penyusun batuan kelimpahannya sekitar 80%.
·         Kuarsa berwarna putih dengan kilap kaca dan kekerasannya tujuh transparansi mineral transparan dan ceratnya berwarna putih. Mineral ini terletah diantara laminasi-laminasi klorit dengan bentuk yang prismatic. Kelimpahan mineral ini pada batuan sekitar 18%.

Petrogenesa :
Berdasarkan komposisi utama penyusun bautannya yang klorit dapat diketahui bahwa mineral ini terbentuk dari batuan beku basa ataupun ultra basa yang mengalami metamorfisme, dengan pengaruh yang dominan adalah pengaruh tekanan. Klorit sendiri merupakan mineral ubahan dari olivine ataupun piroksen, mineral ini sangat melimpah pada batuan beku basa ataupun ultra basa. Tekanan mengakibatkan penjajaran-penjajaran mineral pipih dan mineral prismatic. Diperkirakan batuan ini terbentuk karena metamorfosa regional pada zona penunjaman lempeng, karena metamorfisme pada daerah ini memiliki pengaruh tekanan yang tinggi.
Gambar Batuan :


Nama Batuan : Sekis (WT Huang 1982)

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.